Ikhwani, Khoiri Ulfah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (COOPERATION IN EDUCATION) PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP N 6 TEBING TINGGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110024 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
071244110024 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
071244110024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071244110024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
071244110024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071244110024 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244110024 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244110024 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
071244110024 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
071244110024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
071244110024 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar, aktivitasdan respon siswa bila diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Coop pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP N 6 Tebingtinggi T.A 2011/2012
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 6 Tebing tinggi yang berjumlah 39 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, aktivitas dan respon siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, lembar observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op
Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Jika Ho : μ ≥ μ0 dan Ha : μ < μ0 , Karena ttabel< thitung atau 1,68 < 2,49 maka, Ho diterima dan Ha ditolak, dengan demikian hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih besar atau sama dengan dari nilai rata-rata ideal.
Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata aktivitas siswa adalah 75,20% atau berada dalam kategori baik.
Dan dari angket respon siswa, diperoleh bahwa rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Coop
Co-op adalah 75% atau dalam kategori cukup baik Dengan melihat keberhasilan proses pembelajaran yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op pada pokok bahasan aritmatika sosial, maka perlu dipertimbangkan untuk aplikasi model ini pada materi matematika yang lain atau untuk pembelajaran bidang studi lain. Untuk itu disarankan kepada guru agar melakukan variasi dalam pengajaran demi peningkatan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ikh p |
Keywords: | belajar;siswa; las;tes; angket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9814 |