Pratiwi, Yunianti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM 4123121088_Cover.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2_NIM 4123121088_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3_NIM 4123121088_Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4_NIM 4123121088_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5_NIM 4123121088_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6_NIM 4123121088_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7_NIM 4123121088_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8_NIM 4123121088_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9_NIM 4123121088_Bab I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13_NIM 4123121088_Bab V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14_NIM 4123121088_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry pada materi fluida dinamis
kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain two group
pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI IPA semester
genap yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster
random sampling. Sampel yang terpiih adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran scientific inquiry yang berjumlah 30 orang
dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional
yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan
tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah
divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis
penelitian ini adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji
homogenitas.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis,
simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan
model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa
pada materi fluida dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Pancurbatu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 041 |
Keywords: | Quasi Eksperiment; Scientific Inquiry; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9794 |