Pardani, Listri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T. P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.PDF - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. CURRICULLUM VITAE.PDF - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. PREFACE.PDF - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. ILLUSRATION.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. TABLES.PDF - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. APPENDICES.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (533kB) | Preview
14. CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berdasarkan masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi listrik
dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari
sepuluh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-6 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang masing-masing
berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukian dengan teknik Cluster
Random Sampling. Instrumen yang diggunakan untuk mengetahui hasil belajar
kognitif siswa adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay. Setelah
diberikan perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran
berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, Dari
hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,93 dan
nilai rata-rata kelas kontrol adalah 40,20. Setelah pembelajaan selesai diberikan
postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 69,39 dan kelas kontrol 61,89, hasil
uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 3,30 >1,668 dan diperoleh data kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Dengan demikian, diproleh bahwa hasil belajar
kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah
memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis di Kelas X SMA Negeri
11 Medan T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 109 |
Keywords: | Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9786 |