Barus, Seftia Agafe (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MACROMEDIAFLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.P.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121070 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 4123121070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM 4123121070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4123121070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 4123121070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM 4123121070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 4123121070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 4123121070 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM 4123121070 BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM 4123121070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis
masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok fluida dinamis di
SMA Negeri 2 Kabanjahe.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas X MIPA Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara cluster random sampling. Kelas XI-PMIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI-PMIPA 2 sebagai kelas
kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah soal-soal kemampuan pemecahan
masalah berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
yaitu 31,67 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 29,33. Pengujian data pretes melalui
uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas
diperoleh Fhitung = 1,24 dan Ftabel = 1,86 sehingga F hitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal
dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis
masalah pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah
pembelajaran diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata postes kelas eksperimen =
72,17 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol = 62,17. Dari hasil pengolahan data postes
melalui uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,73 dan ttabel = 1,988, sehingga thitung > ttabel, maka
Ha diterima yakni ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas
XI semester II SMA Negeri 2 Kabanjahe T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 042 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Aktivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:55 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9778 |