Murtiningsih, Eka (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. CURRICULLUM VITAE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
14. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan Proses Sains siswa pada
materi pokok fluida statis kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Medan T.P
2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan
desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Sampel
penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random
sampling, yaitu kelas X MIA-14 dengan 41 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA-4 dengan 41 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini ada 2 yaitu ketrampilan proses sains berupa lembar kerja
siswa (LKS) dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Pada penelitian ini
diberikan pretes dan postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan cara
siswa melakukan praktikum atau percobaan dan mengisi LKS yang disediakan.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 49 dan nilai
rata-rata kelas kontrol 48, kemudian dilakukan pengujian normalitas dan
homogenitas pada data pretes dan didapatkan kedua kelas berdistribusi normal
dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah itu dilakukan uji kesamaan
rata-rata pretes untuk melihat kemampuan awal siswa pada kedua kelas, diperoleh
bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen sama
dengan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol pada materi Fluida
Statis. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan
model inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata
kelas eksperimen 82.68 dengan dan kelas kontrol 73.61. Hasil uji t satu pihak
dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh > (4.04 > 1.67), maka Ho di
tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa keterampilan proses sains siswa
pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan keterampilan proses sains siswa
pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training
terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida statis kelas X
semester genap di SMA Negeri 3 Medan T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama
proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76.98 tergolong
ke dalam kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training; Keterampilan;Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9776 |