Gultom, Masrida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 17 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121035 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4123121035 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4123121035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4123121035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 4123121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 4123121035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 4123121035 TABLES.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. NIM. 4123121035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM. 4123121035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 4123121035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 4123121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri berbasis pictorial riddle dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok berpikir kritis tinggi dengan kelompok berpikir ktiris rendah, 3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan sampel dibagi menjadi dua kelas dimana XI IPA-4 sebagai kelas kontrol, dan XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ada 3 yakni : 1) lembar tes hasil belajar siswa berbentuk essay dengan jumlah item 10; 2) lembar tes kemampuan berpikir kritis siswa berbentuk essay dengan jumlah item 5. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, berarti ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis rendah berarti ada perbedaan akibat pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 049 |
Keywords: | model pembelajaran inkuiri; berpikir kritis; pembelajaran konvensional; hasil belajar; pictorial riddle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 08:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9755 |