PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 17 MEDAN T.P. 2015/2016

Gultom, Masrida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 17 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121035 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123121035 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123121035 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121035 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121035 TABLES.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri berbasis pictorial riddle dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok berpikir kritis tinggi dengan kelompok berpikir ktiris rendah, 3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan sampel dibagi menjadi dua kelas dimana XI IPA-4 sebagai kelas kontrol, dan XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ada 3 yakni : 1) lembar tes hasil belajar siswa berbentuk essay dengan jumlah item 10; 2) lembar tes kemampuan berpikir kritis siswa berbentuk essay dengan jumlah item 5. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, berarti ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis rendah berarti ada perbedaan akibat pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 049
Keywords: model pembelajaran inkuiri; berpikir kritis; pembelajaran konvensional; hasil belajar; pictorial riddle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:48
Last Modified: 11 Aug 2016 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item
View Item