Sinaga, Fransiska Nurhayati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121020 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 4123121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4123121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM 4123121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4123121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM 4123121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. NIM 4123121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 4123121020 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 4123121020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 4123121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest– posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Perbaungan yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 27,33 dengan standar deviasi 9,16 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 26,17 dengan standar deviasi 9,11. Nilai rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I sebesar 59,3%, pertemuan II sebesar 69,2%, pertemuan III sebesar 75,7% dan pertemuan IV sebesar 82,2%. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 72,33 dengan standar deviasi 10,19 dan kelas kontrol sebesar 64,50 dengan standar deviasi 10,50. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,381 dan ttabel = 1,667, sehingga thitung > ttabel (2,381 > 1,667) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 105 |
Keywords: | Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS); Media Peta Konsep; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 05:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9749 |