PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016

Sinaga, Fransiska Nurhayati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121020 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123121020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123121020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123121020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123121020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123121020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123121020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123121020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123121020 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123121020 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123121020 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123121020 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123121020 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123121020 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123121020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123121020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest– posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Perbaungan yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 27,33 dengan standar deviasi 9,16 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 26,17 dengan standar deviasi 9,11. Nilai rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I sebesar 59,3%, pertemuan II sebesar 69,2%, pertemuan III sebesar 75,7% dan pertemuan IV sebesar 82,2%. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 72,33 dengan standar deviasi 10,19 dan kelas kontrol sebesar 64,50 dengan standar deviasi 10,50. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,381 dan ttabel = 1,667, sehingga thitung > ttabel (2,381 > 1,667) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 105
Keywords: Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS); Media Peta Konsep; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 05:02
Last Modified: 11 Aug 2016 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9749

Actions (login required)

View Item
View Item