Sihotang, Aleksander (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWAPADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SUMBUL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121004 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM 4123121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. NIM 4123121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM 4123121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4123121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4123121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4123121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4123121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4123121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM 4123121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 4123121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X semester II di SMA Negeri 1 Sumbul T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelasXSMA Negeri 1Sumbulyang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-3 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi dan kelas X-4 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan validoleh dosen dan guru mata pelajaran fisika. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari uji normalitas dan uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel di simpulkan bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen, serta kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materipokok listrik dinamis kelasXSMA Negeri 1Sumbul T.P 2015/2016. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengefisienkan waktu sesuai dengan RPP, memotivasi siswa agar lebih aktif dan lebih percaya diri, membuat pembelajaran semenarik mungkin dan bekerjasama dengan guru mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 074 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Animasi; Kemampuan Pemecahanmasalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9734 |