Dewi, Ucia Mahya (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121131027 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 4121131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. 4121131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. 4121131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. 4121131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 4121131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 4121131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. 4121131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. 4121131027 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. 4121131027 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. 4121131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan rata-rata siswa per-kelas ±40 orang siswa. Sampel siswa diambil sebanyak 20 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan kehomogenan kuesioner yang diberikan sebelum dilakukan perlakuan. Pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata hasil belajar 84,25 sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata hasil belajar 75,25. Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk α = 0,05. Untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 3,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk α = 0.05 Dengan demikian thitung > ttabel, Maka uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing pada materi kelarutann dan hasil kali kelarutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 048 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Model Inkuiri terbimbing Media Macromedia Flash; Hasil Belajar Siswa; Aktivitas Belajar Siswa; Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9712 |