Satria, M.Aidil Hamdi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BACKHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI PENDEKATAN SAISTIFIK DENGAN PEMANFAATAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TA 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6101112060 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 6101112060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 6101112060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 6101112060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 6101112060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 6101112060 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 6101112060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 6101112060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 6101112060 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 6101112060 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6101112060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan basil belajar servis backhand dalam permainan bulutangkis melalui pendekatan sainstiflk dengan pemanfaatan media modifikasi pada siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.A 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka digunakan nilai awal siswa yang diperoleh dari guru penjas, sebelum menerapkan pendekatan sainstifik dengan pemanfaatan media modifikasi, lalu dilakukan pembelajaran sikius I (pertemuan 1) dan siklus II ( pertemuan 2) Mtuk mendapatkan basil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan.Setelah data terkumpul didapatkan basil analisis: dari data awal siswa dipero1eh 7 siswa yang te1ah mencapai ketuntasan be1ajar (21,87%), sedangkan 25siswa belum mencapai ketuntasan belajar (78,12%) dengan nilai rata-rat& 53,35.Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan pemanfaatan media modifikasi. Dari tes basil belajar menggunakan pendekatan sainstifik dengan pemanfaatan media modifikasi di siklus I diperoleh basil 21 siswa mencapai ketuntasan (65,62%), sedangkan 11 siswa belum mencapai ketuntasan (33,37%) dengan nilai rata-rata siswa 75,51, nilai ini sudah dikatakan tuntas yakni di atas KKM, namun belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka peneliti kemudian melakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sainstifik dengan pemanfaatan media modifikasi. Dari hasil belajar pada siklus II diperoleh hasil 28 siswa mencapai ketuntasan (87,5%), dan 4 siswa yang tidak tuntas (12,5%) dengan nilai rata-rata siswa 80,46, dan sudah mencapai ketuntasan klasikal(85%) Dalam hal ini dapat dilihat bahwa basil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatan sainstifik dengan pemafaatan media modifikasi dapat meningkatkan hasi1 belajar servis backhand dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.345 071 2 Sat u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani;Perainan bulutangkis; Servis backhand dalam permainan bulutangkis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9662 |