Butar-Butar, Perdin (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 LUMBANJULU KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112081 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6101112081 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
6101112081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6101112081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6101112081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6101112081DAFTAR TABEL Perdin.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6101112081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6101112081 DARTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6101112081 BAB I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
6101112081 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6101112081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah menggunakan alat bantu bola gantung pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Lumbanjulu Kabupaten Tobasa Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Lumbanjulu Kabupaten Tobasa dengan jumlah siswa 30 orang. Subjek yang dijadikan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sample yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan alat bantu bola gantung terhadap hasil belajar passing bawah bola voli Metode yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan redusi data dan paparan data Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebayak 15 orang siswa dengan nilai setelah konfersikan sebesar (50) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 15 orang siswa (50) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 66,8. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebayak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang siswa (10%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata hasil belar adalah 78,5. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa mengunakan alat bantu bola gantung dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Lumbanjulu Kabupaten Tobasa Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 But u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing Bwah Bola VOli; Alat Bantu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9642 |