Eliza (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PERGURUAN UTAMA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311072 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6103311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6103311072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6103311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6103311072 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6103311072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
6103311072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6103311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Variasi Bermain Pada Siswa Kelas VII SMP Yayasan Perguruan Utama Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2014/2015 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Yayasan Perguruan Utama Kecamatan Medan Tembung, waktu penelitian pada 16 Febuari sampai dengan 22 Febuari 2015. Objek dalam penelitian ini adalah Variasi Bermain yang terdiri dari lari melewat kardus, lompat tali karet, dan lompat kodok. Untuk meningkatkan hasil belajar lompar jauh gaya jongkok. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I yang berjumlah 23 orang/siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.Data awal dari 23 orang/siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 6 orang/siswa (26%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), sedangkan selebihnya yaitu 17 orang/siswa (74%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 60,95. Dari hasil tes siklus I, dari 23 orang/siswa telah ada 14 orang siswa (61%) sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), selebihnya 9 orang/ siswa (39%) yang belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 73,17. Dari tes siklus I belum memiliki ketuntasan secara klasikal. Dari hasil tes siklus II dari 23 orang/siswa telah ada 20 orang/siswa (87%) yang sudah memiliki ketuntasan hasil belajar, hanya 3 orang/siswa (13%) yang belum memiliki ketuntasan hasil belajar. Dari siklus II ini telah mencapai telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal (tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 80,08 Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 6,91 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan variasi bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Utama Kecamatan Medan Tembuung Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 Eli u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Atletik; Lompat Jauh; Pendekatan Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9625 |