Sihombing, Kristian R. (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311136 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6103311136 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
6103311136 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6103311136 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311136 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6103311136 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6103311136 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6103311136 CAPTER 1.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
6103311136 CAPTER 5.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6103311136 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Lempar Lembing Melalui Variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tarutung tahun ajaran 2014-2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui variasi pembelajaran dengan media audio visual yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lempar lembing sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (pre test) diperoleh 9 siswa (30%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (70%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 59. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual siklus I diperoleh 18 siswa (60%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 67,5.Kemudian dilakukan kembali Penerapan variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan penambahan berbagai variasi (3) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 26 siswa (86%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (14%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17,5 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatakan hasil belajar lempar lembing siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tarutung tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 2 Sih u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Atletik; Lempar Lembing; Variasi Pembelajaran; Media Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9622 |