Listiawati, Reni (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311189 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
6103311189 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6103311189 PREFACE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6103311189 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6103311189 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6103311189 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6103311189 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6103311189 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6103311189 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
6103311189 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 dengan populasi 1 kelas dengan jumlah siswa 36 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar resiprokal. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata – rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri dengan pemberian post-test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan tes hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I.Pada tes siklus I yang dilakukan pada 36 siswa kelas X3 yang menjadi subjek dalam penelitian ini ternyata hanya 18 siswa ( 50 % ) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa lainnya sebanyak 18 siswa ( 50 % ) belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran.Pada tes siklus II yang dilakukan 36 siswa dalam penelitian ini, terdapat peningkatan siswa yang tuntas sudah mencapai 31 siswa ( 85 % ) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 5 siswa ( 15 % ) belum tuntas dalam pembelajaran. Pada kegiatan ini siswa sudah banyak yang terlihat faham dengan pelaksanaan kompetensi yang diajarkan. Pada siklus II ini nilai rata – rata siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal.Dengan demikian melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada materi passing bawah bola voli yang dijadikan alternatif, terjadi peningkatan pembelajaran passing bawah materi bola voli pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2014-2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Lis u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing Bawah bola voli; Gaya Mengajar Resirokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9570 |