Simanjuntak, A.H Bastian (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JUMP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112009 COVER.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
609112009 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
609112009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
609112009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
609112009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
609112009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609112009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
609112009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609112009 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
609112009 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
609112009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar melalui penerapan metode pambelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament).Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Pematangsiantar Tajun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus 1 dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti member pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Jump shoot bola basket, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian pos-test siklus Ii dengan intrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar jump shoot.Hasil penelitian pada tes awal diperoleh rata-rata skor siswa sebesar 55,21 dimana 7 orang siswa yang tuntas dan 25 orang siswa yang belum tuntas. Pada saat test awal kemampuan siswa diperoleh ketuntasan yang belum tuntas dalam belajar 78,13%. Pada siklus I rata-rata skor siswa meningkat menjadi 58,85. Dimana 16 orang siswa yang tuntas dalam belajar dan 16 orang siswa tuntas dalam belajar, persentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 50%. Pada siklus II rata-rata skor siswa meningkat menjadi 76,04 diman 28 orang siswa yang lulus dalam belajar dan 4 orang siswa yang tidak lulus dalam belajar, persentase ketuntasan tuntas dalam belajar sebesar 12,5%. Dengan demikian dapaat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) langsung dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 071 2 Sim u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Jump Shoot; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9510 |