PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN SISWA KELAS VII SMP N 1 PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN AJARAN 2014/2015.

Musaddam (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN SISWA KELAS VII SMP N 1 PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 6101112073 COVER.pdf]
Preview
Text
6101112073 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
6101112073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
6101112073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
6101112073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6101112073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 TABLES.pdf]
Preview
Text
6101112073 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 6101112073 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6101112073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh melalui variasi pembelajaran yang menggunakan media rintangan siswa kelas VII SMP N 1 Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal Tahun Ajaran 2014/2015.Lokasi penelitian di SMP N 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 (satu) SMP N 1 Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Tahun Ajaran 2014/2015, yang berjumlah 28 orang siswa yang akan melakukan lompat jauh melalui variasi pembelajaran yang menggunakan media rintangan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lompat jauh, dilanjutkan dengan siklus I dan post-test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian post-tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar lompat jauh dengan menggunakan lembar fortopolio.Dengan menggunakan variasi pembelajaran yang menggunakan media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa mulai dari tes awal, siklus I dan siklus II. pada tes awal yang dilakukan dari 28 orang siswa terdapat 8 orang siswa (28,5%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 65,62. Pada post-test siklus I mencapai 20 orang siswa (71,4%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 70,31. Dan pada post-test siklus II mencapai 24 orang siswa (85,%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 81,25. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran yang menggunakan media rintangan dapat meningkatan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VII 1 (satu) SMP N 1 Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.432 0712 Mus P
Keywords: Pendidikan Jasmani; Lompat Juah; Pendidikan; Belajar; Media Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 29 Aug 2016 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item
View Item