Tarigan, Ferri Diamond (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MELALUI METODE MENGAJAR ELEMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311092 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM. 6103311092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 6103311092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 6103311092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 6103311092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM. 6103311092 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 6103311092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 6103311092 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 6103311092 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13. NIM. 6103311092 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM. 6103311092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 1 bulan dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 siswa-siswi, yang terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar renang gaya dada sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 7 orang siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 28 orang siswa (80%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 59,99%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 17 orang siswa (48,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang siswa (51,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,28%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 30orang siswa (85,7%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 5 orang siswa (14,3%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,47%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 9,29 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 11,19%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan penerapan metode elementer dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas SMA Negeri 1 Kabanjahe Kab.Karo Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 712 Tra u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Metode Mengajar; Renang Gaya Bebas; Teknik Dasar; Metode Elementer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9498 |