Rahmana, Putri (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELEMPAR DALAM PERMAINAN SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA/SISWI KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6102112019 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6102112019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6102112019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6102112019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6102112019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6102112019 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6102112019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6102112019 CHAPTER1.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
6102112019 CHAPTER5.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6102112019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melempar dalam permainan softball melalui variasi pembelajaran pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan variasi pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Subjek penelitian sebanyak 36 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar melempar dalam permainan softball sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I, dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,45%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 69,91. 2) Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 32 orang siswa yang tuntas (88,88%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (11,12%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 77,08.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Melempar Dalam Permainan Softball Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa/Siswi Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.357 807 12 Rah u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Variasi Pembelajaran; Jenis-jenis Variasi; Softball |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9445 |