Saiduddar (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRNG BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI (SELF CHECK STYLE) PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609312076 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
609312076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
609312076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
609312076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
609312076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
609312076 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609312076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609312076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
609312076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
609312076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menggiring bola melalu gaya mengajar priksa diri (Self Check Style) pada siswa kelas VIII Mts. Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri atas sebelas pemain dan salah satunya penjaga gawang. Dribbling (menggiring bola) adalah keterampilan dasar dalam sepak bola, karena semua pemain harus mampu menguasai bola pada saat sedang bergerak, berdiri atau bersiap melakukan operan atau tembakanMetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Test Hasil Belajar pada test awal, kemudian dilakukan pembelajaran dengan penerapan variasi mengajar dengan pelaksanaan test Hasil Belajar yang berbentuk aplikasi teknik menggiring bola.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari test hasil belajar dapat dilihat bahwa kemampuan awal (pre-test) siswa dalam melakukan teknik dasar menggiring bola sebelum menggunakan metode periksa diri (Self Check Style) pada permainan sepak bola masih rendah. Dari 30 siswa terdapat 6 siswa (20%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 24 siswa (80%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata KKM siswa adalah 70,01. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode periksa diri (Self Check Style). (2) Dari test hasil belajar dengan menggunakan metode periksa diri (Self Check Style) dapat dilihat kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 siswa terdapat 13 siswa (43,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 17 siswa (56,67%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata KKM siswa adalah 80,73. Kemudian dilakukan kembali penerapan metode periksa diri (Self Check Style) dengan memberikan contoh gerkan yang benar. (3) Dari test hasil belajar II berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode periksa diri (Self Check Style) dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola siswa kelas VIII Mts. Negari 3 Medan Tahan Ajaran 2013/2014. Dari 38 siswa terdapat 20 siswa (66,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 10 siswa (33,33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata KKM siswa adalah 87,77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 Sai u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar; Hasil Belajar; Permainan Sepak Bola; Menggiring Bola; Gaya Mengajar Periksa Diri |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9373 |