Aprial M, Benny (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 6103311044 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 6103311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
NIM 6103311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM 6103311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
NIM 6103311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
NIM 6103311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
NIM 6103311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
NIM 6103311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM 6103311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
NIM 6103311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
NIM 6103311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan scientific. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Tanjung Balai yang berjumlah 32 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar chest pass Bola Basket sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 19 orang siswa (59,38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 13 orang siswa (40,62%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 73,34. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 32 orang siswa, terdapat 27 orang siswa yang tuntas (84,38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (15,62%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh mencapai 80,09. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar Chest pass dalam permainan Bola Basket siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanjung Balai tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 071 2 Apr p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Pendekatan Scientitic; Model Pembelajaran; Permainan Bola Basket; Chest Pass. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9276 |