Dongoran, M. Fadli (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SET SHOOT BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311144 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6103311144 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
6103311144 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6103311144 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6103311144 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6103311144 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311144 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311144 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6103311144 BAB I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
6103311144 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6103311144 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar set shoot dalam permainan bola basket dengan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) pada siswa XI SMA Negeri 1 Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPA 4 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar set shoot dalam permainan bola basket.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Set shoot bola basket, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar Set shoot bola basket dengan menggunakan lembar portofolio.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : tes awal, dari 33 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (24,24%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 25 orang siswa (75,76%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 49,24 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 33 orang siswa telah ada 20 orang siswa (60,61%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 13 orang siswa (39,39%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 65,91 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 33 orang siswa, ternyata sudah 29 orang siswa (87,88%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,12%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 79,55 (Tuntas) Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 22%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran SAVI meningkatkan hasil belajar Set shoot bola basket pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kisaran Kabupaten AsahanTahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 071 2 Don p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Permainan Bola Basket; Shooting ( Set Shooting); Model Pembelajaran SAVI. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9275 |