Palenri, Leo (2013) PERBAIKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
71266110175 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
71266110175 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
71266110175 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
71266110175 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
71266110175 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
71266110175 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
71266110175 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
71266110175 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
71266110175 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
71266110175 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
71266110175 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan memanfaatkan penguatan umpan balik pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Stabat Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar lempar cakram sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan penguatan umpan balik (pre-test) diperoleh 11 siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (65,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,36%. Kemudian dilakukan pembelajaran melaui penguatan umpan balik terhadap siswa. (2) dari tes hasil belajar melalui penguatan umpan balik di siklus I diperoleh 18 siswa (56,25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 72,13%. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melaui penguatan umpan balik. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 79,95%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui penerapan penguatan umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 2 Pal p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar; Lempar Cakram; Umpan Balik; Metode Penelitian; Instrumen Penelitian |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1151 Shooting. Archery G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 05:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9242 |