Sunaryo, Muhammad (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SAMBUNG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 068008 PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609312064 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
609312064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
609312064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
609312064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
609312064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
609312064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
609312064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609312064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609312064 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
609312064 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
609312064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Meningkatkan HasilBelajar Lari Sambung Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SDNegeri 068008 Perumnas Simalingkar Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 068008 Perumnas Simalingkar Medan Tahun Ajaran 2013/2014, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni2013 selama 2 x Pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SiswaKelas V SD Negeri 068008 Perumnas Simalingkar Medan yang terdiri dari 1kelas dengan jumlah siswa 40 orang. sedangkan sampel dalam penelitian iniadalah peneliti mengambil sampel seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 068008Perumnas Simalingkar Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 1 kelasdengan jumlah siswa 40 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakanpendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 51,25 (Tidak Tuntas), rendahnya nilai rata-rata siswa pada tes awal karena siswa belum mampu menguasai gerakan dasar lari sambung dengan baik. Sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,13 (Tidak Tuntas), siswa juga mendapatkan nilai rata-ratayang rendah dikarenakan peneliti belum secara maksimal dalam mengelola dan memaksimalkan kegiatan belajar lari sambung sehingga siswa kelihatan bingung dan sulit dalam memperagakan sikap lari sambung. Dan pada pelaksanaan Siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 79,38 (Tuntas), peneliti meningkatkan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan sarana dan prasarana lari sambung serta peraturan yang dimodifikasi dalam bentuk permainan sehingga siswa mampu menguasai gerakan dasar lari sambung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar lari sambung pada siswa kelas V SD Negeri 068008 Perumnas Simalingkar Medan Tahun Ajaran2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.420 712 Sun u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Lari sambung; Teknik awal; Tongkat estate antar pelari; Peraturan perlombaan; Fungsi permainan. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9183 |