Ginting, Honi Iffo (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARFOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA/SISWI KELAS IXA SMP NEGERI 2 TIGAPANAH KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
08126110073 Cover.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
08126110073 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
08126110073 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
08126110073 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
08126110073 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
08126110073 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
08126110073 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
08126110073 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
08126110073 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
08126110073 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
08126110073 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Forehanddrive pada permainan tenis meja dengan menggunakan Gaya Mengajar PenemuanTerbimbing pada siswa kelas IXa SMP Negeri 2 Tigapanah Kabupaten Karo TahunAjaran 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untukmemperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar Sebelummenggunakan pembelajaran Penemuan Terbimbing (Pre-test) lalu dilakukanpembelajaran dengan melakukan pukulan Forehan Drive dengan berpasangan yangdilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi tehnikdasar tenis meja pukulan Forehand Drive sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajarsebelum menggunakan Gaya mengajar Penemuan Terbimbing (Pre-test) diperoleh 2siswa (8,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa(91,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 45,13%.Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Gaya mengajar PenemuanTerbimbing. (2) dari tes hasil belajar menggunakan Gaya mengajar PenemuanTerbimbing di siklus I diperoleh 14 siswa (58,33%) yang telah mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (41,66%) belum mencapai tingkat ketuntasanbelajar, dengan nilai rata-rata 70,46. Kemudian dilakukan kembali Gaya MengajarPenemuan Terbimbing dengan variasi. (3) dari tes hasil belajar II. di siklus II diperoleh23 siswa (95,83%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 1 siswa(4,16%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 77,08. Dalamiihal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus. Berdasarkan hasil anaisis data dikatakan bahwa melalui Gaya MengajarPenemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar pukulan Forehand Drive pada siswa kelas IXa SMP Negeri 2 Tigapanah Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2013-2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.346 071 Gin u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Tenis meja; Forehand drive; Gaya mengajar; Penemuan terbimbing. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9170 |