Naibaho, Rikki (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061266120192 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
061266120192 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
061266120192 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
061266120192 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
061266120192 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061266120192 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061266120192 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061266120192 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
061266120192 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061266120192 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya dada melalui gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang yang akan diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap peencapaian hasil belajar lempar lembing. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi teknik dasar renang gaya dada. Dengan pelaksanaa penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama duakali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan paparan data.Hasil Penelitian menyimpulkan: 1. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 6 orang siswa yang mencapai tingkat kelulusan (17,14%), sedangkan 29 orang belum mencapai tingkat kelulusan (82,86%). Dengan nilai rata-rata 51,96 belum memenuhi criteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 31 siswa (88,75%) telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11,42%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata mencapai 76,25. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes awal hingga siklus II yaitu 11,61 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 48,75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melauli penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memberikan peningkatan hasil belajar renang gaya dada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 71 Nai p |
Keywords: | Renang; Dasar; Gaya Dada; Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8984 |