Udayana, Irfa (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR GERAKAN KAKI RENANG GAYA BEBAS MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP YP. HARAPAN BANGSA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110013 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071266110013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
071266110013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
071266110013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
071266110013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
071266110013 BAB I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
071266110013 BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
071266110013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP YP. Harapan Bangsa Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pendekatan bermain (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bermain Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan bermain (pre-tes) diperoleh 19 siswa (47,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (52,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan bermain. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 28 siswa (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakan pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat memperbaiki hasil belajar teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas pada siswa kelas VII SMP YP. Harapan Bangsa Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 71 Uda u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Renang Gaya Bebas (Crawl Style); Pendekatan Bermain; Gerakan Kaki; Gerakan Lengan; Perinfalan; Koordinasi Gerak |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8979 |