Pranoto, Andi (2013) OPTIMALISASI HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK ) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG KAB. SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608340241 JUDUL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
608340241 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
608340241 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
608340241 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608340241 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
608340241 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608340241 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608340241 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
608340241 BAB I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
608340241 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
608340241 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar smash bola voli penerapan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik ) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI-IPS 1 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang yang akan diberikan tindakan melalui penerapan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik ) terhadap proses belajar smash bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (57,89%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 16 orang siswa (42,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 74,17. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (78,95%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar 8 orang (21,05%) masih belum tuntas. Namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Jainal : 2010). Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 80,09%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik ) dapat meningkatkan hasil belajar smash pada siswa-siswi kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Pra o |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar; Permainan; Bola Voly; Smash; Metode Visual Auditory Kinestetik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8941 |