Zulfandi (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310239 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
608310239 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
608310239 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
608310239 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608310239 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
608310239 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
608310239 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
608310239 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
608310239 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
608310239 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
608310239 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan metode tutor sebaya siswa kelas VIII – 1 SMP Negeri 3 Tanjung Beringin pada tahun ajaran 2012-2013. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 1 SMP Negeri 3 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah 39 orang, diantaranya terdiri dari 11 orang siswa putra dan 28 orang siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (53,85%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (46,15%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus I secara keseluruhan mencapai (67,67). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (82,05%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (17,95%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus II mencapai (78,79%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode totur sebaya dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Tanjung Beringin TahunAjaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 Zul u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atletik; Lompat Jauh; Gaya Jongkok; Metode Tutor Sebaya; Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8906 |