Aruan, Tiurma Junita (2013) PERBEDAAN PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112201 COVER.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
608112201 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
608112201 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
608112201 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
608112201 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
608112201 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
608112201 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
608112201 BAB 1.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
608112201 BAB 5.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
608112201 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Tutor Sebaya Dengan Metode Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Servis Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sibolga Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 302 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sehingga diperoleh 76 siswa sebagai sampel penelitian, 38 siswa kelas ekspositori dan 38 siswa kelompok metode tutor sebaya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen dengan menggunakan rumus uji-t. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pembelajaran servis forehand dengan menggunakan metode ekspositori diperoleh sebesar 5,86 simpangan baku 1,90 kategori yang termasuk sangat baik 3 orang atau 7,8%, baik 20 orang atau 52,6%, cukup 10 orang atau 26,3 %, kurang 5 orang atau 13,1%. Sedangkan hasil pembelajaran servis forehand dengan menggunaka metode tutor sebaya diperoleh rata-rata sebesar 6,39 simpangan baku 1,85 kategori yang termasuk sangat baik 5 orang atau 13,1%, baik 22 orang atau 57,8%, cukup 8 orang atau 21,05 %, kurang 3 orang atau 7,8%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung 3,571 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 0,05 dengan dk 76. Dengan demikian thitung > ttabel, hal ini berarti bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand tenis meja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.346 071 Aru p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Tutor Sebaya; Metode; Ekspositori; Tenis Meja; Servis Forehand |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8843 |