Irwansyah, Ardhi (2013) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112106 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
608112106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
608112106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
608112106 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
608112106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
608112106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608112106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608112106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
608112106 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
608112106 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
608112106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lompat jangkit dengan memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2012/2013, penelitian dilaksanakan mulai tanggal 21 Januari sampai 28 Januari 2013 selama dua minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ2 SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 37 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (di siklus I) dan tes hasil belajar II ( di siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jangkit sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional (pre-tes) diperoleh 13 siswa (35,14%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 24 siswa (64,86%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 59,64%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional. (2) dari tes hasil belajar dengan memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional disiklus I diperoleh 22 siswa 59,46%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (40,54%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 67,93%. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 33 siswa (89,19%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (10,81%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,36%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa dengan memanfaatkan Pendekatan Pembelajaran Permainan Tradisional dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 Irw u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Permainan Tradisional; Tradisional Engklek; Lompat Tali; Tradisioal Dampu; Lompat Jangkit; Melangkah; Lompatan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8840 |