Sembiring, Mickhael Dukis (2013) UPAYA PENINGKATANHASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 1 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310153 COVER.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
608310153 persetujuan ps.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
608310153 pengesahan.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
608310153 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
608310153 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
608310153 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
608310153 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
608310153 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
608310153 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
608310153 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
608310153 BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
608310153 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarmenggunakan penguatan umpan balik terhadap keberhasilan belajar pada teknikdasar lari estafet dikelas VIII SMP Negeri 1 Tiga Juhar Tahun Ajaran 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan populasi sebanyak 7kelas dengan jumlah siswa 111 orang, kemudian diambil sampel peneltiansebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yangakan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penguatan umpan balik.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom ActionResearch).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasilbelajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar Lari Estafetsebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasilanalisisnya : 1). Dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh diperoleh terdapat 13siswa (59,09%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9siswa (40,91%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan rata-rata hasilbelajar 67,7. 2). Dari tes hasil belajar II di siklus II terdapat 19 siswa yang tuntas(86,36%) dan 3 siswa yang tidak tuntas (13,64%), dengan rata-rata hasil 74,5.Dari perkembangan siklus I dan sikus II dapat dilihat terjadi peningkatanhasil belajar secara individual maupun klasikal telah tercapai. Pada test hasilbelajar I terdapat 59,09%, siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada tes hasilbelajar II terdapat 86,36%, siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan terjadipeningkatan sehingga dapat disimpulkan pembelajaran lari estafet denganmenerapkan penguatan umpan balik yang dituangkan pada tes hasil belajar I danII mengalami peningkatan hasil belajar baik secara individu maupun klasikal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.427 Sem u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Lari Estafet; Umpan Balik; Pembelajaran; Hasil Belajar; Olahraga; Kesehatan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8804 |