Lesmana, Donal (2013) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 010131 PULAU RAKYAT TUA KECAMATAN PULAU RAKYAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266120200 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
071266120200 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
071266120200 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
071266120200 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071266120200 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
071266120200 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071266120200 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071266120200 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
071266120200 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
071266120200 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
071266120200 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Passing Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri 010131 Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2012/2013. Dari hasil tes awal (pre-test) yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing bola dengan kaki bagian dalam masih tergolong rendah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya mencari nilai rata-rata, presentase keberhasilan belajar, dan lain-lain.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb SD Negeri 010131 Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 20 siswa putra dan 12 siswa putri. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya di analisis dengan cara deskriptif secara persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes awal (pre-test) adalah 61,43 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,75 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 79,65 (Tuntas). Penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas Vb SD Negeri 010131 Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2011/2012, dapat diterima kebenarannya.Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri 010131 Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rayat Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 Les p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Variasi Pembelajaran; Passing; Pulau Rakyat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8749 |