Sigalingging., Abar Palentinus (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609312001 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
609312001 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
609312001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
609312001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
609312001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
609312001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
609312001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
609312001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
609312001 BAB I.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
609312001 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
609312001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Smashpada permainan bola voli dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentukaplikasi teknik Smash dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (Pre test) diperoleh 7 orang siswa (21,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang siswa (78,79%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, di siklus I diperoleh 23 orang siswa (69,69%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang siswa ( 30,31%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,4. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual yang berbeda. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa ( 90,91%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa (9,09%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,6 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 21,22%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual dapat meningkatkan hasil belajar Smashpada permainan bola Voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 Sig u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Permainan bola voli; Smash bola voli; Modul pembelajaran. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8624 |