Supriadi, Heru (2012) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X SMK PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310085 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
608310085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
608310085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
608310085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
608310085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
608310085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
608310085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
608310085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
608310085 BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
608310085 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
608310085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajar passing atas bola voli melalui model pembelajaran berbasis masalahpada siswa kelas X SMK Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-tmo7 yang berjumlah 32 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik passing atas bola voli. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas X SMK Prayatna Medan. Dari 32 siswa terdapat 7 siswa (21,87%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 49,71. Hasil dari siklus I terdapat 18 siswa (56,25%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 56,25. Disiklus II terdapat 26 siswa (81,25%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 74,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan pengaruh akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas X SMK Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Sup u |
Keywords: | passing ; PBM |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8575 |