Syafrizal (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110063 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
071266110063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
071266110063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
071266110063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
071266110063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
071266110063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266110063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071266110063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266110063 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
071266110063 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071266110063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran tolak peluru melalui media pembelajaran yang dimodifikasi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek disini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 38 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru dengan menggunakan peluru yang sebenarnya.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran (pre test) di peroleh 13 siswa (34,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 25 siswa (65,79,%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 49,60%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi melalui variasi pembelajaran siklus I. Dari test hasil belajar Siklus I tolak peluru dengan media pembelajaran yang dimodifikasi pada siklus 1 diperoleh 20 siswa (52,63%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (47,37%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 70,92. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran tolak peluru menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi serta variasi pembelajaran yang lebih variatif. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 33 siswa dengan (86,84%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (13,16%) belum mencapai tingkat ketuntas dalam belajar, dengan nilai rata – rata 83,72. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 12,8. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkat hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Sya u |
Keywords: | media pembelajaran ; modifikasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8550 |