Meiansyah, Budi Arif (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YAYASAN PERGURUAN BINA SATRIA MEDAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310039 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
608310039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
608310039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
608310039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
608310039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
608310039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
608310039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
608310039 BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
608310039 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
608310039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan tolak peluru gaya ortodoks dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Bina Satria Medan tahun pelajaran 2011/2012. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Dengan sampel penelitian sebanyak 31 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yaitu dengan tes hasil belajar dengan menggunakan format forto folio. Analisis data mencari ketuntasan belajar secara klasikal dengan menggunakan rumus jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal > 70 dibagi dengan jumlah siswa secara keseluruhan. Sebelum siswa diberikan tindakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh data ketuntasan klasikal sebesar 16,2 %, yaitu dari 31 siswa didapat 5 siswa yang telah mencapai KKM > 70, dan 26 siswa yang mendapatkan KKM < 70, dan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 45,85. Dan masih dinyatakan belum tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus I setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 25,88 %, diperoleh data dari 31 siswa ada 8 siswa yang telah mencapai KKM > 70 dan 24 siswa mendapatkan KKM < 70, dan diperoleh nilai rata rata kelas sebesar 59,88. Walaupun masih dinyatakan belum tuntas dalam pembelajaran tapi telah terjadi peningkatan. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,1 % yaitu dari 31 siswa terdapat 27 siswa yang telah mencapai KKM > 70 dan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,41, dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan siswa dianggap tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Bina Satria Medan pada pokok bahasan tolak peluru gaya ortodoks tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Mei u |
Keywords: | gaya ortodoks ; model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8541 |