Fahmi, Iskandar (2012) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LEMBING YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PAB 13 KWALA BEGUMIT KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266120133 COVER.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
071266120133 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
071266120133 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
071266120133 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071266120133 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
071266120133 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071266120133 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266120133 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071266120133 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266120133 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
071266120133 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071266120133 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar lempar lembing melalui penggunaan media lembing yang dimodifikasi pada siswa VIII SMP Swasta PAB 13 Kwala Begumit Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui media lembing modifikasi terhadap hasil belajar lempar lembing.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lempar lembing, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media lembing modifikasi dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan lembar portofolio. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I diperoleh 22 orang (68,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (31,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,3. (2) dari tes hasil belajar Siklus II diperoleh 28 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,24. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui media lembing modifikasi dapat memperbaiki hasil belajar lempar lembing pada siswa-siswi SMP Swasta PAB 13 Kwala Begumit Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Fah u |
Keywords: | belajar ; lempar lembing ; modifikasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8514 |