Suhendra, Heri (2012) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PERBAIKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA SMP NEGERI 3 TANJUNG PASIR, KEC. KULAUH SELATAN, KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110034 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
071266110034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
071266110034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
071266110034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
071266110034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
071266110034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071266110034 BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
071266110034 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071266110034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar lompat lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media rintangan pada siswa SMP Negeri 3 Tanjung Pasir, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhan Batu Utara tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penggunaan media rintangan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jauh gaya jongkok sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 29 orang (69.04%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 orang (30.96%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71.13. (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 38 orang (90.47%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang 9.53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82.44. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11.31 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26.19%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan Media Rintangan dapat meningkatkan hasil belajar Lompat Jauh pada siswa SMP Negeri 3 Tanjung Pasir, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 Suh p |
Keywords: | lompat jauh ; media rintangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8503 |