PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI - REDUKSI

Sundari, Lina (2016) PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI - REDUKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4111131015.COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4111131015.COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4111131015.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4111131015.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.4111131015.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM.4111131015.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.4111131015.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM.4111131015.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.4111131015.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM.4111131015.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.4111131015.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM.4111131015.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.4111131015.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM.4111131015.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.4111131015.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM.4111131015.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.4111131015.BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.4111131015.BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.4111131015.BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.4111131015.BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.4111131015.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM.4111131015.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan media e-learning berbasis web dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media e-learning berbasis web pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Kesatuan Meranti yang terdiri dari 2 kelas dan setiap kelas rata – rata terdiri dari 36. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara sampling jenuh/total. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian ini, untuk kelas Kontrol diperoleh nilai rataan pretest sebesar 22,88 ± 5,45 dan nilai rataan postest adalah 71,35 ± 7,58 sedangkan nilai rataan untuk kelas eksperimen adalah 22,46 ± 6,70 dan nilai rata-rata postest adalah 78,19 ± 9,84. Nilai rataan gain kelas Kontrol diperoleh 63% dan nilai rataan gain untuk kelas eksperimen sebesar 72%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional menggunakan media e-learning berbasis web dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media e-learning berbasis web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 111
Keywords: Pembelajaran E-Learning; Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:01
Last Modified: 10 Aug 2016 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item
View Item