Sundari, Lina (2016) PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI - REDUKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4111131015.COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.4111131015.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3.NIM.4111131015.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4.NIM.4111131015.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5.NIM.4111131015.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6.NIM.4111131015.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7.NIM.4111131015.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8.NIM.4111131015.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9.NIM.4111131015.BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13.NIM.4111131015.BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14.NIM.4111131015.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan media e-learning berbasis web dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media e-learning berbasis web pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Kesatuan Meranti yang terdiri dari 2 kelas dan setiap kelas rata – rata terdiri dari 36. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara sampling jenuh/total. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian ini, untuk kelas Kontrol diperoleh nilai rataan pretest sebesar 22,88 ± 5,45 dan nilai rataan postest adalah 71,35 ± 7,58 sedangkan nilai rataan untuk kelas eksperimen adalah 22,46 ± 6,70 dan nilai rata-rata postest adalah 78,19 ± 9,84. Nilai rataan gain kelas Kontrol diperoleh 63% dan nilai rataan gain untuk kelas eksperimen sebesar 72%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional menggunakan media e-learning berbasis web dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media e-learning berbasis web.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 111 |
Keywords: | Pembelajaran E-Learning; Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 02:01 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8496 |