Iranda, Kautsar (2016) PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SDN 101760 BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Masters thesis, UNIMED.
1. KAUTSAR IRANDA NIM.8146181012 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
15. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Keterampilan Proses Sains pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760; (2) Mengetahui tumbuh kembang nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri dan rasa ingin tahu dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak . Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen I menggunakan Strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Kelas eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan obsevasi.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji t, dan uji gain ternormalisasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Keterampilan Proses Sains pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760 . Berdasarkan hasil uji t dan hasil rata-rata nilai postes siswa maka dapat disimpulkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada strategi keterampilan proses sains di Sekolah Dasar; (2) Terdapat tumbuh kembang nilai karakter dengan mengimplementasikan strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) dan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing masing-masing sebesar : jujur 55,06% dan 82,03%, tanggung jawab 60% dan 84,79%, disiplin 65,48% dan 79,95 %, percaya diri 61,31% dan 83,33%, rasa ingin tahu 58,33% dan 78,82%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ira p |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Inkuiri terbimbing; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 10:10 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 10:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8494 |