Tarigan, Rupina Magdalena Br. (2016) PENGARUH TEKNIK MENCATAT MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR. Masters thesis, UNIMED.
01.Cover TESIS.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
02.Lembar Pengesahan, dan Plagiat.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
03.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
04.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
05.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09.BAB 1.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13.Bab V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui: pengaruh teknik mencatat Mind Mapping dan teknik mencatat biasa (pembelajaran konvensional) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, pengaruh gaya belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, interaksi antara teknik mencatat Mind Mapping dengan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SDN No.060937 Medan Johor yang berjumlah 71 orang yang terdiri dari 2 kelas paralel. Sedangkan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 34 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini,alat pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang diberikan untuk melihat aktivitas belajar siswa, angket gaya belajar yang diberikan sebelum perlakuan diberikan untuk mengetahui karakteristik gaya belajar yang dimiliki siswa. Kemudian tes hasil belajar digunakan untuk menjaring data penelitian guna menguji hipotesis penelitian. Tes hasil belajar terlebih dahulu diuji cobakan tingkat validitas dan reliabilitas tes hasil belajar. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum Anava 2 jalur digunakan, telebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlet dan uji Fisher yang kesemuanya diuji dengan menggunakan program SPSS21. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa teknik mencatat Mind Mapping berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung= 1,714, P=0,05) pada taraf signifikan α = 0,05, gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung=0,592, P=0,05) pada taraf signifikan α = 0,05, terdapat interaksi teknik mencatat Mind Mapping dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (Fhitung= 0,413, P=0,05) pada taraf signifikan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.241 Tar p |
Keywords: | Mind mapping; Gaya belajar; Aktivitas dan hasil belajar; Teknik mencatat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 10:03 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8493 |