Sundari, Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131070 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4123131070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM 4123131070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4123131070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM 4123131070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM 4123131070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4123131070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 4123131070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
9. NIM 4123131070 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13. NIM 4123131070 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4123131070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan redoks.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri dari 6 kelas di SMA Negeri 1 Stabat pada Tahun Ajaran 2015/ 2016. Sampel kelas dalam penelitian ini ialah 2 kelas yang diambil secara Purposif, dimana kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peta konsep dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes dalam bentuk objective test sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Untuk mengukur ranah afektif yaitu aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t satu pihak yaitu pihak kanan dan uji korelasi. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung>ttabel(0,05)(58) (4,52>1,67). Untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung > ttabel(0,05)(58) (5,84>1,67). Untuk uji korelasi diperoleh rhitung > rtabel (0,479 > 0,361). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa lebih tinggi daripada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep terhadap aktivitas belajar kimia siswa lebih tinggi daripada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction, 3) ada korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar kimia siswa terhadap hasil belajar kimia siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 101 |
Keywords: | Model Kooperatiftipe TSTS (Two Stay Two Stray); Media Peta Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8483 |