Hannum, Rafika (2016) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123131072 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. 4123131072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. 4123131072 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. 4123131072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. 4123131072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. 4123131072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. 4123131072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. 4123131072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4123131072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10. 4123131072 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
14. 4123131072 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
15. 4123131072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibanding tanpa menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT serta bagaimana peningkatan hasil belajar dan persepsi siswa setelah menggunakan weblog tersebut. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen sungguhan (True Experiment Design) pada bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 (kelas eskperimen) dan kelas X-2 (kelas kontrol). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,766). Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 1,939 sedangkan ttabel sebesar 1,606 pada taraf α = 0,05, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperati tipe NHT lebih baik dibanding tanpa menerapkan E-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Berdasarkan instrumen nontest yang diberikan kepada kelas eksperimen, persepsi siswa terhadap E-learning bebasis weblog adalah sebesar 81,11%. Persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa untuk kelas eksperimen adalah 74,3% (hasil belajar tinggi) lebih tinggi daripada persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas kontrol yaitu sebesar 67,9 % (hasil belajar sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 076 |
Keywords: | Hasil Belajar; Sumber Belajar Siswa; E-Learning Berbasis Weblog |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 06:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8468 |