Lubis, Risna Yunita (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VIRTUAL PADA MATERI POKOK ASAM – BASA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1)NIM 4121131021 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
(2)NIM 4121131021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
(3)NIM 4121131021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
(4)NIM 4121131021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
(5)NIM 4121131021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
(6)NIM 4121131021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
(8)NIM 4121131021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
(9)NIM 4121131021 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
(13)NIM 4121131021 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
(14)NIM 4121131021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan menggunakan media audio visual dan media virtual pada materi pokok asam – basa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang terdiri atas dua kelas IPA dengan total jumlah siswa 78 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposif sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Masing - masing kelas terdiri atas 40 orang siswa di kelas eksperimen 1 dan 38 orang siswa di kelas eksperimen 2. Siswa pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL menggunakan media audiovisual. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL menggunakan media virtual. Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 22 yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, dan reliabilitas. Juga digunakan lembar observasi penilaian aktivitas yang sudah dianalisis validitasnya secara expert judgement. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = -4,1596 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Untuk uji hipotesis aktivitas siswa diperoleh thitung = -1,4576 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan menggunakan media audiovisual dan media virtual pada materi pokok asam basa. Sedangkan untuk aktivitas, tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL menggunakan media audio visual dan media virtual pada materi pokok asam – basa.
Kata kunci : Model project based learning, media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 066 |
Keywords: | Model Project Based Learning; Media Audio Visual; Media Virtual; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8459 |