Nasution, Haryati Deli (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAJU REAKSI TERINTERGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.4123131039 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM.4123131039 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3.NIM.4123131039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4.NIM.4123131039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5.NIM.4123131039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6.NIM.4123131039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM.4123131039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8.NIM.4123131039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9.NIM.4123131039 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13.NIM.4123131039 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14.NIM.4123131039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan suatu modul kimia terintegrasi
nilai-nilai spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada/tidaknya
nilai-nilai spiritual dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) kualitas modul
berdasarkan BSNP dan (3) pandangan guru dan mahasiswa terhadap modul yang
dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R and D) meliputi lima tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2)
pengembangan modul, (3) standarisasi modul, (4) pandangan guru dan mahasiswa,
dan (5) revisi/perbaikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Kimia
dan mahasiswa jurusan Kimia UNIMED dan seluruh guru Kimia di Kabupaten Deli
Serdang. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 3 dosen Kimia
UNIMED yang dipilih secara purposive sampling, 20 mahasiswa jurusan Kimia
UNIMED yang terdiri dari 5 mahasiswa perstambuknya yang dipilih secara random
(acak), 3 guru Kimia di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Tanjung Morawa, SMA
Negeri 2 Lubuk Pakam dan SMA Negeri 1 Galang yang dipilih secara purvosive
sampling. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai spiritual
terhadap buku teks Kimia dan modul yang dikembangkan, angket penilaian
kelayakan modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian pandangan guru dan
mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh adalah: (1) analisis nilai-nilai
spiritual terhadap buku teks kimia 1,08, termasuk kategori kurang valid dan
penilaian terhadap modul yang dikembangkan 3,29, termasuk kategori valid dan
tidak perlu revisi, (2) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP 3,33, yang
berarti valid dan tidak perlu revisi, (3) penilaian pandangan guru dan mahasiswa
terhadap modul 3,54, termasuk kategori valid dan mendapat pandangan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 071 |
Keywords: | Modul Pembelajaran Nilai-nilai Spiritual; BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:52 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8457 |