PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA

Pasaribu, Putri Liani (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. SAMPUL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 3. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dan pengembangan bahan ajar ini
bertujuan untuk memperoleh bahan ajar yang memenuhi kriteria BSNP,
mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kontekstual terhadap hasil belajar,
dan mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap KKM (Ketuntasan Kriteria
Minimal). Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan.
Populasi yakni seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas.
Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 1 kelas yang
dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh
instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,8098). Hasil penelitian
menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh :
Kelayakan Isi = 3,78; Kelayakan Bahasa = 3,79; Kelayakan Penyajian = 3,79;
Kelayakan Kegrafikan = 3,85; serta Pengintegrasian Kontekstual = 3,92 dengan
kriteria valid dan tidak perlu revisi. Implementasi pembelajaran berbasis
kontekstual yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan
hasil belajar dalam materi laju reaksi. Kesimpulan dari penelitian : hasil belajar
kimia menggunakan CTL terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM,
pada tingkat kepercayaan 95 % dan diperoleh persen peningkatan hasil belajar
siswa sebesar 82%.
Kata kunci: CTL, bahan ajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 104
Keywords: CTL; Bahan Ajar; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:00
Last Modified: 09 Aug 2016 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item
View Item