Pasaribu, Putri Liani (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran yang diterapkan dan pengembangan bahan ajar ini
bertujuan untuk memperoleh bahan ajar yang memenuhi kriteria BSNP,
mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kontekstual terhadap hasil belajar,
dan mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap KKM (Ketuntasan Kriteria
Minimal). Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan.
Populasi yakni seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas.
Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 1 kelas yang
dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh
instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,8098). Hasil penelitian
menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh :
Kelayakan Isi = 3,78; Kelayakan Bahasa = 3,79; Kelayakan Penyajian = 3,79;
Kelayakan Kegrafikan = 3,85; serta Pengintegrasian Kontekstual = 3,92 dengan
kriteria valid dan tidak perlu revisi. Implementasi pembelajaran berbasis
kontekstual yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan
hasil belajar dalam materi laju reaksi. Kesimpulan dari penelitian : hasil belajar
kimia menggunakan CTL terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM,
pada tingkat kepercayaan 95 % dan diperoleh persen peningkatan hasil belajar
siswa sebesar 82%.
Kata kunci: CTL, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 104 |
Keywords: | CTL; Bahan Ajar; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:00 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8444 |