Pahlawan, Rhindra (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID MELALUI CLASSROOM ACTION RESEARCH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122131014 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 NIM 4122131014 lembar pengeshan dan riwayat hidu.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3 NIM 4122131014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 NIM 4122131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5 NIM 4122131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM 4122131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM 4122131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4122131014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9 NIM 4122131014 BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13 NIM 4122131014 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14 NIM 4122131014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran
problem solving menggunakan aplikasi macromedia flash pada siswa kelas XI
IPA-2 SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran. Subject penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA-2 SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran pada semester
genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Pelaksaan
penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama selama 4 kali pertemuan (8
jam pelajaran) dan siklus kedua selama 4 kali pertemuan (8 jam pelajaran). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi proses belajar mengajar
dan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes pada akhir siklus. Hasil
peneliian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving
menggunakan aplikasi macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar.
Peningkatan tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian dari siklus I ke
siklus II yaitu (1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan
peningkatan, persentase aktivitas siswa baik meningkat dari 63,89% pada siklus I
menjadi 83,33% pada siklus II. (2) peningkatan persentase siswa yang tuntas dari
67% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 096 |
Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas; Problem Solving; Macromedia Flash; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8438 |