Sari, Devi Ratna (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123131014 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4123131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3. NIM. 4123131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 4123131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 4123131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 4123131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4123131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4123131014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4123131014 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10. NIM. 4123131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM. 4123131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 4123131014 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Materi koloidmerupakanmateripelajarankimia yang diberikan di kelas XI IPA SMA pada semester genap. Materiiniberisibanyakhafalan dan sebagian siswa menganggap materi ini sulit.Padapenelitianinidigunakan model pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournament (TGT) dengan Numbered Heads Together (NHT) pada materi Koloid.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT pada materi Koloid di SMA Swasta Cerdas Murni Kelas XI T.A. 2015/2016. Dalam penelitian ini dilakukan pretes baik pada kedua kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan pembelajaran pada kelas eksperimen 1 menggunakan model TGT dan kelas eksperimen 2 menggunakan model NHT. Untuk mengetahui hasil belajar setelah perlakuan, maka diberikan postes pada kedua kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan analisis data pretes dan postes, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Rata-rata pretes kelas eksperimen 1 dan 2 secara berurut adalah 29,23 dan 51,12, sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen 1dan 2 adalah 77,44 dan 72,82. Berdasarkan uji homogenitas dan normalitas, bahwa kedua sampel memenuhi kriteria uji homogenitas dan normalitas. Hasil analisis uji t diperoleh thitung (1,716) > ttabel (1,668) pada taraf signifikan (α) 0,05. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT pada materi koloid. Dengan demikian hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen 1 menggunakan model TGT berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen 2 menggunakan model NHT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 075 |
Keywords: | Model Pembelajaran TGT; NHT; Hasil Belajar Siswa; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:26 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8436 |