Samosir, Rini Yulia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHDILENGKAPIMACROMEDIAFLASH PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131077 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123131077 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
3. NIM 4123131077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 4123131077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 4123131077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 4123131077 TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 4123131077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4123131077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 4123131077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 4123131077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4123131077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan dengan Model STAD dan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah dilengkapi macromedia flash pada Materi Sistem Koloid. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Utara
yang terdiri dari 5 kelas dengan total ±200 siswa. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Kelas
eksperimen I diberi pengajaran model STAD menggunakan macromedia flash dan
kelas eksperimen II diberi pengajaran model Pembelajaran Berbasis Masalah
menggunakan macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal
sebanyak 20 yang telah valid dan reliable =0,93. Hasil pengolahan data
menunjukkan pada kelas ekperimen I memiliki nilai rata-rata pretes 37,375±6,601
dan rata-rata nilai posttes 78±8,14. Sedangkan kelas eksperimen II memiliki ratarata
pretes 38,375±6,273 dan rata-rata nilai posttes 81,875±6,373. Uji hipotesis
dilakukan dengan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung =2,368
sedangkan ttabel =1,98 untuk α= 0,05 dan db= 78, sehingga thitung>ttabel. Maka H0
ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan ada perbedaan
signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan Model
Pembelajaran STAD dibandingkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
dilengkapi macromedia flash
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 042 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Macromedia Flash; Sistem Koloid. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:00 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8433 |